Yang Diam-diam Tersakiti

“Di setiap pernikahan, ada orang yang diam-diam tersakiti.” (Anonim)

Hei kawan, awalnya aku juga tak percaya dengan kalimat tersebut. Aku bertanya, benarkah kuantor universal itu? Mungkinkah lebih tepatnya kuantor yang menyatakan “ada”? mulanya aku bertanya dan sekaligus mencoba mencari jawaban dari tanya itu.

Dan aku berpikir, suatu kalimat tidak akan dikatakan dengan tanpa alasan. Aku terus mencari alasan itu.

Di setiap pernikahan, ada orang yang diam-diam tersakiti.

Tentu saja, jawab batinku kali ini. Bukan dalam konteks dia yang pernah diam-diam mempunyai rasa fitrah, bukan juga dia yang berencana mengutarakan niat namun selip waktu, bukan dia dengan rasa yang mungkin tak terungkap dan terucap. Semata-mata bukan hanya dia. Bahkan lebih dekat dari itu.

Dia yang dekat itu adalah ayah. Ini pasti. Karena dengan suatu pernikahan, ia akan lepas tanggung jawab dalam memberikan kehidupan, ia tak lagi menjadi imam yang menjadi nomor satu dalam menjalankan perintahnya, ia tak lagi menjadi prioritas. Tapi imamnya yang kini. Saat imam tersebut berkata lain, maka apa akan dikata, ia yang muslimah akan meng-iya-kan apa yang dikatakan sang imam, selama itu baik dan tak menyimpang.

Dia yang dekat itu adalah ibu. Ia tak lagi  menjadi satu tempat berkeluh, tempat bercerita tentang segala hal, bahkan menjadi hal rahasia antaranya dan sang imam. Mudik tak lagi setahun sekali karena jadwal yang terjadwal berseling antara orangtuanya dan orangtuamu.

Dia yang tersekat itu adalah orang tuamu kawan. Bukan hanya dan cuma dia yang diam-diam akan selalu melihat dan mengawasimu dari kejauhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s