Tugas Menjelang Mudik

Tahun ini, mudik adalah hal sacral bagiku. Bagaimana tidak? Sejak 1 Ramadhan lalu, hingga saat ini 24 Ramadhan, aku belum pernah merasakan berbuka puasa dan sahur bersama ibu dan bapak di rumah tercinta. Lagi-lagi karena tuntutan profesi. Mahasiswa tahun akhir. Mempersiapkan keprofesionalan kerja untuk menjalani semester depan, semester 7. Enam hari tersisa untuk bulan Ramadhan ini. Dan yang sangat kutunggu saat ini adalah mudik, kemudian buka puasa, sholat tarawih, tadarus di masjid dan sahur di sana, Makarti, tanah kelahiranku yang telah kutinggalkan sejak 9 tahun lalu.

Besok adalah hari yang ditunggu. Mudik. Dan yah, aku menobatkan diri sebagai penghuni terakhir kosan ijo Tamyiz. Mereka mendahuluiku mudik, karena urusan mereka kelar sudah. Mulai dari Nina, Silvi, Rima, mbak Neni dan Juni. Buka puasa tak nikmat seperti biasa, dan dapat diprediksikan, sahur pun akan terasa sangat hambar.

Ini cerita menjelang mudik.

Hm, betul-betul-betul. Pukul 08.37, Ipin menyuarakan kata kebanggaannya. Sebuah Short Messege Service masuk. Mas’ul. Perasaan tak enak. Sebuah pengantar: menanyakan I’tikaf. Ku balas. SMS kedua masuk. Dan yak, benar dugaanku.

Jadi gini dil, bisa minta tolong nggak untuk nyelesein TOR? Tahu kan bendum kita lagi pergi? Nah, ana gak sanggup ngerjain TOR sendiri. Bisa kan? Konfirmasi ya, ntar ana kirim via efbi.”

Menghela napas dalam-dalam. Ingin menolaknya, tapi aku belum berkontribusi  untuk wajiha itu. Tapi aku tetap menunjukkan keinginanku untuk menolaknya. Dan inilah balasan chat sang mas’ul:

chat

Jlebb. Tarqiyyah. Tsiqoh. Ukhti. Tiga kata tersebut mampu suasana di sekelilingku yang memang sepi berubah menjadi senyap. Tiga kata itu cukup nendang dan menohok. Di bawah sadar, jari ini menari di atas keyboard, muncullah kalimat ini:

“insha Allah, diusahakan dulu pak..”

Dan yah, aku akan berusaha melakukan tugas itu.

2 thoughts on “Tugas Menjelang Mudik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s