Tentang Tilawah Ramadhan Ini

Tak dapat bersua dengan 1 Ramadhan itu seperti kehilangan ruh. Saat orang lain mengalami euphoria penyambutan Ramadhan, aku merasa biasa saja. Sangat berbeda dengan Ramadhan tahun lalu saat dapat berjumpa dengan 1 Ramadhan. 1 Ramadhan begitu berarti.

1 Ramadhan, muslim tarawih, aku seorang diri hanya menjadi penjaga kos (anehnya, Ramadhan ini, para pencuri tetap saja beroperasi, mengerikan!), hanya dapat mendengarkan lantunan tilawah tanpa bisa bertilawah. Menyesakkan dada. Merasa terlambat. Saat mereka telah menghabiskan 12 juz, 17 juz, bahkan 21 juz bacaan Qur’an, you know what? Aku masih berada pada 9 juz. (nangis darah!)

Sempat merasa iri terhadap mereka yang bisa dan mampu membaca saat berkendaraan, karena menurut mereka yag sering berkendaraan, minimal dapat menyelesaikan 3 juz dalam perjalanan itu. Ah hei, memang manusia itu diciptakan dalam keadaan yang unik, tak ada yang sama dan tak akan pernah sama tentu saja. Aku tak mampu melakukannya. Pusing dan mual, itu akibat jangka pendeknya, jangka panjang, mata ini semakin buram. Huah. Maasya Allahu. Allah benar-benar berkuasa atas segala hal.

Dan, ah ya, sebenarnya seseorang yang lebih tua dan berpengalaman pernah berkata, tak usah memaksakan diri, sadar kondisi saja, yang terpenting adalah bacaar tartil dan mengerti makna, dan melaksanakan apa yang terkandung di dalamnya. Tapi, jiwa muda berkata lain, bacalah sebanyak-banyaknya, penuhi target Ramadhan ini. Sehingga terkadang nasihat beliau seringkali hanya terngiang. Kedepan, akan ku coba untuk mengindahkan nasehat itu sekaligus memenuhi targetku.

Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s