Barisan yang Lurus dan Tak Rapat.

Ini tentang tuntutan sebuah profesi.

Berprofesi sebagai mahasiswa calon pendidik professional bidang matematika menuntutku untuk bertahan di daerah rantauan yang saat siang panas namun tah menyengat, dan saat malam menjelang pagi, keinginan untuk menarik selimut lebih dari apapun, Indralaya, yang saat taka da mahasiswa berkeliaran, seketika itu juga seperti taka da penghidupan di dalamnya. Pun Ramadhan tahun ini.

Meskipun tak seaman dan semenyenangkan berada di rumah, perkiraan menahan lapar, haus dan nafsu di bulam yang benar-benar penuh berkah ini tak seburuk yang pernah terbayangkan. Sholat tarawih tak tertinggal. Tilawah dalam keadaan sehat dan lebih sehat dibandingkan Ramadhan lalu. Sahur dengan keluarga kecil itu (sambil nonton sinetron Para Pencari Tuhan yang keren abis dan selalu bikin meringis), bertemu semua teman (termasuk keluarga baruku yang gokil), meskipun sehari dua, namun menjadikanku untuk selangkah lebih dekat. Kondisi ini sama sekali tak menyedihkan, aku menyukainya.

Tentang tarawih malam ini. Bingung menghadapi keadaan ini, yang sebenarnya seringkali terjadi, namun tak tahu bagaimana harus bersikap dan menempatkan diri. Galau. Geser ke kanan, kiri bercelah. Pun geser ke kiri, kanan bercelah. Ah, taka da yang mau mengalah. Bagian kiri, beliau yang sudah terbilang sepuh dan kanan, ia yang masih muda yang tak ku kenal pun tak mau mengalah. Juga bagian depan yang tak kalah ompong daripada bagian kanan dan kiri. Meskipun berkali-kali mencoba untuk focus, namun kondisi impian itu benar-benar hanya menjadi mimpi. Bagian kiri yang bercelah sepertinya banyak diisi oleh banyak makhluk tak terlihat itu, menjadikan pikiran melanglang buana. Ini bagian dari nasib anak rantauan.

Barisan-barisan yang lurus tapi tak rapat ini, benar-benar mengganggu rasa dan pandangan.

Astaghfirullah…

2 thoughts on “Barisan yang Lurus dan Tak Rapat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s