Awal Puasa yang Selalu Berbeda

Ini bukanlah  hal yang jarang terjadi, hampir setiap tahun negara ini mengalaminya, Indonesia selalu memiliki jadwal yang berbeda dalam menentukan awal puasa Ramadhan, pun Syawal. Penentuan awal bulan dalam kalender hijriyah dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya ru’yatul hilal dan hisab (perhitungan). Keduanya memiliki dalil yang kuat. Dalam hal ini, banyak pihak yang berperan, pemerintah, pemimpin ormas, bahkan kepala suku suatu daerah.

Haruskah kira menyalahkan salah satu pihak?

Banyak pandangan dan pendapat  yang berasal dari berbagai pihak menuliskan bahwa persatuan adalah persamaan dalam segala hal, termasuk di dalamnya penentuan awal Ramadhan. Sehingga untuk meminimalisasi perbedaan yang ada, sebaiknya kita memegang prinsip sami’naa wa atho’naa (kami dengar dan kami taat) kepada ulil amri, yang diartikan sebagai pemerintah.

Akan tetapi harus kita tinjau ulang kembali, makna dari ulil amri itu sendiri. Benarkah ia hanya berarti pemerintah? Sebenarnya tidak. Pemerintah hanyalah satu diantaranya.

Untuk menyikapi perbedaan ini, sebaiknya kita lihat kembali makna dari ibadah khusus di bulan Ramadhan ini. Puasa Ramadhan adalah kewajiban individu, pelaksanaannya juga bersifat individu. Hanya dia dan Allah saja yang tahu. Bukan pelaksanaan jama’ah, sehingga mengharuskan terpusat pada satu komando dalam pelasanaannya. Dan tentu saja, dalil yang digunakan harus jelas, tegas, dan barasal dari dalil yang memenuhi kriteria shahih.

Sehingga, perbedaan itu sungguh wajar, melihat bagaimana manusia itu diciptakan sebeagai makhluk yang unik, berbeda satu sama lain dan taka da yang sama persis. Semua hal diserahkan kepada masing-masing individu untuk memilih yang menjadi keyakinannya, termasuk penentuan awal puasa. Sau hal yang harus digarisbawahi: ittiba’ Rosulullah SAW, mengikuti apa yang telah diajarkan dan atau dilakukan Nabi SAW, dan bukan ibtida’ alias mengada-ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s