Filosofi Pagi

Filosofi Pagi

Filosofi Pagi

Pagi bukan hanya sepenggal waktu yang terus berlalu. Pagi hanya akan selalu datang sekejap dan kemudian pergi. Ia hanya memberi kesempatan pada detik-detik awal mulainya hari. Hidup ini adalah tentang persaingan, manusia dituntut untuk bergegas mendapatkan sesuatu, mereka yang terlambat, tak akan mendapat.

Pagi. Ia adalah filososfi bergegas. Bergegas untuk selalu menjadi pertama dan utama. Sehingga tak heran, meraka yang mendapatkan urutan pertama akan selalu mendapatkan apresiasi dan bintang. Begitu juga dengan seorang muslim, ia akan mendapatkan apresiasi lebih saat sholat dikerjakan di awal waktu. Begitu juga dengan para sahabat yang masuk islam pada awal lahirnya islam, mereka mendapatkan apresiasi lebih dibandingkan dengan sahabat yang memeluk islam setelah dibukanya kota Mekah. Bagaimana tidak, sahabat yang menjadi muslim sebelum dibukanya kota Mekah, mereka seringkali mendapatkan ancaman dan hambatan dalam memeluk islam dan menyebarkan islam itu sendiri.

Pagi. Ia adalah filososfi berani. Keberanian. Hidup adalah tentang mengambil keputusan, dan untuk mengambil keputusan , dibutuhkan sebuah keberanian untuk komitmen dan bertanggung jawab akan keputusannya. Seorang mukmin akan berani dan bangga untuk memilih jalan kebenaran. Perempuan yang berani memutuskan unutk berhijab akan lebih baih daripada mereka yang menunda untuk berjilbab dan senantiasa mencari berbagai alasan untuk tidak mengenakan hijab, yang sebenarnya mereka hanya menghibur diri atas kelambanannya.

Atau seperti pemuda yang dengan berani memutuskan untuh hidup sebagai muslim sejati yang taat, mereka akan selalu menjadi lebih baik daripada mereka yang menunda-nunda dan selalu bertanya apakah dengan menjadi muslim yanga taat, ia akan mendapatkan pekerjaan dan jodoh?

Inilah filosofi pagi: bergegas dan berani.

Karena tak ada yang seramah pagi, yang keheningannya menenangkan, segarnya menggairahkan, dan hangatnya menggerakkan. Maka, sambutlah pagi. Pagi untuk bergegas. Pagi untuk berani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s