Pendekatan Problem Solving

Pendekatan Problem Solving

Problem solving merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha agar siswa mengalammi kegiatna berpikir dengan meganalisis masalah yang ada, dalam hal inimasalah non-rutin, dengan menggunakan kemampuan matematika siswa tersebut,dan siswa tertarik untuk menemukam penyelesaikan masalah yang ada dengan melibatkan ide-ide matematika,

Suatu permasalahan dapat disebut permasalahna berbentuk problem solving, jika memenuhi 3 karakter sebagai berikut:

  1. Using situation, maksudnya sebuah permaslahan non-rutin yang telah disediakan tersebut, disajikan dalam sebuah situasi dan kondisi yang sesuai dengan keadaan dan situasi siswa,
  2. Interest in Finding Solution, dalam hal ini yang berperan adalah siswa, dimana siswa tertarik untuk menemukan penyelesaian dari sebuah permasalahan yang adam yang diberikan atau yang didapat dari berbagai sumber, karena saat siswa tidak merasa tertantang dalam menemukan sebuah penyelesaian dari masalah tersebut, maka tidak aka nada proses pembalajaran dalam diri siswa.
  3. Involving Mathematics Idea, dalam menyelesaikan sebuah masalah non-rutin, siswa harus mengemukakan dan menggunakan ide-ide matematika yang telah diketahuinya, yang bisa dikategorikam matematika dasar, sehingga dengan demikian siswa mengalami hal itu sendiri, dan dengan seperti itu, siswa tidak akan mudah lupa dengan materi-materi yang ada dalam soal non-rutin tersebut.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah non-rutin adalah:

  1. Understanding the Problem-Memahami Permasalahan

Tahap ini menuntut siswa untuk memahami dan menganalisis sebuah masalah yang diberikan.Siswa harus menjabarkan apa-apa yang  ia pahami dari soal tersebut, dan hal ini pasti akan ada banyak ide dan pemikiran siswa yang akan muncul.

       2. Devising a Plan-Merancang Sebuah Rencana

Dengan memahami permasalahan yang dihadapi, siswa secara otomatis akan berpikir apa yang akan dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

         3.      Doing the plan-Melaksanakan Rencana

Setelah siswa merancang rencana dalam pengerjaanya, siswa akan mencoba apa yang telah direncanakannya tadi, berulang-ulang.

          4.     Looking Back,

Dalam pengerjaan soal-soal non-rutin itu, siswa akan melihat kembali apakah jaawaban yang ia berikan itu benar atau salah. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat hal-hal real yang ditemui siswa dalam kehidupannya, atau mereka akan menanyakannya kepada guru yang dalam hal ini berperan sebagai fasilitator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s