Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Media merupakan perantara, alat, sarana. Menurut Gange, media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.

Fungsi umum media

  1. Informatif

Informatif bersifat menjelaskan materi yang akan dipelajari

2. Edukatif

Media berfungsi sebagai pembelajaran yang memnyenangkan namun harus tetap dibuat berdasarkan materi yang akan diajarkan, sehingga di dalamnya tetap menunjang tercapainya tujuan dari materi yang akan disampaikan.

3. Rekreatif

Media pembelajaran haruslah bersifat rekreatif, yaitu harus menarik minat siswa dalam proses belajar mengajar dalam kelas, dan menimbulkan kesan bahwa belajar itu mudah dan menyenangkan sehingga siswa tidak akan merasa bosan dan terbebani.

 Macam-macam media pembelajaran:

  1. Media Audio, yaitu media yang menekankan pada indera pendengaran, misalnya radio, tape recorder dll.
  2. Media Visual, yaitu media yang menekankan pada indra penglihatan, seperti gambar, peta.
  3. Media Audio-Visual, yaitu media yang menekankan pada indra pendengaran dan penglihatan, misalnya televisi.
  4. Linkungan alam sekitar.

Fungsi media pembelajaran bagi siswa dan guru

  1. Memperjelas pokok bahasan yang disampaikan
  2. Memberikan stimulasi bagi peserta didik dalam pendidikan
  3. Mendorong peserta didik aktif dalam pembelajaran
  4. Mengatasi persoalan ruang, waktu dan tempat
  5. Memberikan pengalaman nyata bagi peserta didik
  6. Memberikan persepsi yang sama bagi peserta didik
  7. Membantu guru dalam variasi metode pembelajaran
  8. Menghilangkan rasa jenuhdan bosan pada peserta didik
  9. Sistematis dalam penyampaian materi pembelajaran
  10. Guru dituntut untuk selalu siap dengan bahan ajar yang akan diberikan
  11. Efektif dan efisien

Karakteristik siswa secara umum:

  1. Tipe siswa yang visual, yaitu siswa yang dalam belajarnya mengandalkan pada apa yang ia lihat
  2. Tipe siswa yang auditif, yaitu siswa yang belajarnya mengandalkan pada apa yang ia dengar
  3. Tipe siswa yang taktil, yaitu siswa yang mengandalkan pada alat peraga yaitu tangan dan kulit atau bagian luar tubuh
  4. Tipe siswa yang olfaktoris, yaitu siswa yang mengikuti aktivitas belajarnya dengan menggunakan indera penciuman.
  5. Tipe siswa Gustatif, yaitu siswa yang mencirikan kemampuan belajarnya lebih pada kecapan lidah (gustation:kecapan lidah)
  6. Tipe siswa yang kombinatif, yaitu siswa yang menggunakan lebih dari satu alat indera.

Kriteria media pembelajaaran:

  • Ketepatan dengantujuan/pembelajaran/instruksional (umum/khusus)
  • Dukunagn terhadap isi bahan ajar
  • Kemudahan memperoleh media
  • Ketrampilan guru dalam menggunakannya
  • Tersedia waktu untuk menggunakannya
  • Sesuai dengan taraf berpikir siswa

“Media akan sejalan dengan kultur budaya yang ada/berlaku pada masyarakat tertentu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s