Ketrampilan Bertanya

Ketrampialn Bertanya

Ketrmapilan bertanya merupaka salah satu dari delapan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru.

Fungsi ketrampilan bertanya antara lain:

  1. Meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar
  2. Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu masalah yang sedang dihadapi
  3. Mengembangkan pola berpikir dan cara belajar aktif dari siswa sebab berpikir itu sendiri sesungguhnya adalah bertanya
  4. Menuntun proses berpikir siswa sebab pertanyaan yang baik akan membantu siswa agar dapat menentukan jawaban yang baik
  5. Memusatkan perhatian siswa terhadap masalah yang dibahas

Pertanyaan yang baik memiliki kriteria berikut:

  1. Jelas dan mudah dimengerti  oleh siswa
  2. Berikan informasi yang cukup untuk menjawab pertanyaan
  3. Difokuskan pada suatu masalah tertentu
  4. Berikan waktu yang cukup kepada siswa untuk berpikir sebelum menjawab pertanyaan
  5. Berikan semua pertanyaan kepada seluruh siswa secara merata
  6. Berikan respon yang ramah dan menyenangkan sehingga timbul keberanian siswa untuk menjawab pertanyaan atau bertanya
  7. Tunutnlah jawaba siswa sehingga mereka dapat menemukan sendiri jawaban yang benar.

Jenis-jenis pertanyaan:

  • Pertanyaan permintaan (compliage question)

Yaitu pertanyaan yang mengharapan agar siswa memenuhi perintah yang diucapkan dalam bentuk perintah

Misal: “Dapatkah kamu tenang sebentar, agar suara bapak dapat terdengar?”

  • Pertanyaan retoris (rhetorical question)

Yaitu pertanyaan yang tidak membutuhkan jawabantetapi dijawab sendiri oleh guru

Misal: Mengapa observasi sangat diperlukan sebelum melaksanakan penelitian? Karena observasi merupakan…

  • Pertanyaan mengarahkan/menuntun (prompting question)

Yaitu pertanyaan yang diajukan untuk memberikan arah kepada murid sebelum proses berfikirnya.

  • Pertanyaan menggali (probing question)

Yaitu pertanyaan lanjutan yang akan mendorong siswa untuk lebih memahami jawaban terhadap pertanyaan pertama.

 

Menurut Taksonomi Bloom, pembagian pertanyaan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Pertanyaan Pengetahuan (knowledge question)

Merupakan pertanyaan yang menghendaki jawabanyang berisi hapalan/ingatan yang menggunakan kata-kata: apa, di mana, kapan, siapa, dan sebutkan.

2.Pertanyaan Pemahaman (comprehension question)

Pertanyaan jenis ini merupakan pertanyaan yang memnghendaki jawaban yang bersifat pemahaman dengan kata-kata sendiri, biasanya memnggunakan kata-kata jelaskan, uraikan, bandingkan.

3. Pertanyaan penerapan (application question )

Pertanyaan penerapan merupakan pertanyaan yang menghendaki jawaban untuk menerapkan pengetahuan/informasi yang diterima.

4. Pertanyaan analisi (Analysis  Question)

Pertanyaan analisis merupakan pertanyaan yang menuntut jawaban dengan cara mengidentifikasi, mencari bukti-bukti dan menarik kesimpulan.

5. Pertanyaan Sintesis (Syntesis question).

Pertanyaan yang menghendaki jawaban yang benar, tidak tunggal atau lebih dari satu dan menuntut murid untuk membuat ramalan, memecahkan masalah, mencari komunikasi.

6.Pertanyaan Evaluasi (Evaluation Question)

Pertanyaan yang memnghendaki jawaban dengan cara memberikan penilaian atau pendapatnya tentang suatu isu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s