Aturan Cramer, Gabriel Cramer

Gabriel Cramer, ahli matematika Swiss. Meskipun Cramer tidak dianggap sebagai matematikawan besar pada zamannya, kontribusnya sebagai penyebar gagasan matematis telah menempatkan dia dalam posisi terjormat dalam sejarah matematika. Cramer sering bepergian dan bertemu dengan banyak ahli matematika terkemuka pada zamannya. Kontak dan persahabatan ini membawanya pada korespondensi yang ekstensif di mana informasi mengenai penemuan matematis baru dikirimkan.

Karya Cramer yang paling terkenal, intodustion a l’analyse des lignes courbes algebriques (1750), merupakan suatu telaah dan klasifikasi-klasifikasi kurva-kurva aljabar, Aturan Cramer muncul dalam lampiran. Meskipun aturan tersebut mencantumkan namanya, berbagai dadasan dasarnya dirumuskan terlebih dahulu oleh banyak ahli matematika. Akan tetapi, notasi Cramer yang unggul membantu menjelaskan dan mempopulerkan teknik ini.

Bekerja berlebihan dan jatuh sari kuda akhirnya membawanya pada kekmatiain pada tahun 1752. Cramer tampaknya adalah orang baik dan menyenangkan, meskipun ia tidak pernah menikah. Minatnya sangat luas. Dia menulis filosofi hukum dan peperintahan, serta sejarah matematika. Dia bekerja di kantor kemasyarakatan, berpartisipasi pada artileri dan kegiatan pertahananuntuk pemerintah, memberikan instruksi padapekerja mengenai teknik-teknik pemugaran katedral dan melakukan penggalian arsip-arsip katedral. Cramer menerima berbagai penghargaan atas kegiatannya.

ATURAN CRAMER

Jika Ax = b merupakan suatu system n persamaan linier dalam n peubah sedemikian sehingga (A)≠0, maka sitem tersebut mempunyai suatu penyelesaian yang unik. Penyelesaian ini adalah

X1 = det (A1)/ det A,        x2 = det (A2)/ det A,        . . .,        xn = det (An)/det A

Dengan Aj adalah matriks yang diperoleh dengan menggantikan entri-entri pada kolom ke-j dari A dengan entri-entri pada matriks

b = [ b1, b2, … , bn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s