8 ketrampilan mengajar

8 Ketrampilan Mengajar
Seorang guru yang professional haruslah menguasai 8 ketrampilan mengajar.
1. Ketrampilan Bertanya.
Seorang guru harus memiliki kemampuan bertanya yang baik, yaitu kemampuan bertanya yang ditampilkan dalam waktu yang tepat, dan dengan metode dan cara yang tepat pula. Sehingga dengan pertanyaan yang diajukn itu, siswa dapat aktif didalam kelas, dan membangun suasana yang kondusif dalam kelas selama pembelajaran.
2. Kemampuan Memberikan Dorongan
Dorongan dapat kita bahasakan menjadi “Pancingan”, untuk membuat siswa termotivasi dalam belajar, dan memberikan dorongan agar siswa dapat berperan aktif dalam keals. Di sini, guru berperan sebagai Motivator bagi siswa.
3. Kemampuan Mengadakan Variasi
Variasi diberikan kepada siswa, saat siswa sudah mulai terlihat bosan dan perhatian tidak lagi focus pada pembelajaran yang sedang berlangsung. Variasi diadakan dalam kelas dengan tujuan membuat siswa kembali focus pada pelajaran, karena pada dasarnya, seseorang itu hanya dapat focus terhadap pelajaran sekitar 20 menit. Variasi dapat berupa motivasi atau permainan-permainan kecil dan hal-hal menarik alinnya.
4. Kemampuan menjelaskan
Dalam pembelajaran, menjelaskan merupakan hal yang palig inti. Kemampuan menjelaskan yang menarik dan variatiflah yang disukai oleh siswa. Menjelaskan yang tidak hanya text book, tetapi di sini guru juga dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas tidak hanya pengetahun ayng didapat dari buku saja.
5. Kemampuan Membuka dan Menutup Pelajaran
Trekadang, seseorang melihat sesuatu itu bagus atau kurang bagus dilihat dari preface. Saat sebuak pembukkan itu menarik, siswa akan membuat kesimpulan sementara, bahwa materi yang akan disampaikan pastilah menarik, dan tidak membosankan, sehingga siswa akan bersemangat dalam menerima materi yang akan diberikan, dan dengan begitu, siswa akan cepat paham atas apa yang diberikan oleh guru
6. Kemampuan membimbing Kelompok Kecil
Saat guru menggunakan metode belajar kelompok, kendala yang sering bahkan selalu dihadapi adalah keadaan kelas yag ramai dan menjadi tidak kondusif untuk belajar, di sinilah peran seorang guru unuk menertibkan siswa dalam kelompok tersebut.
7. Kemampuan Mengelola Kelas
8. Kemampuan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Selain kelompok kecil, guru dituntut pahan akan karakter masing-masing siswanya. Bagaimana siswa itu bersikap dalam kelas, dan bagaimana seorang guru harus menanggapinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s